Kamis, 02 November 2017

cerita, kategorisasi serta pemencaran kodok merah

kodok merah dalam bahasa inggris dikenal bleeding toad adalah salah satu tipe kodok endemik yang amat jarang serta cuma bisa ditemui di sebagian tempat di pulau jawa. kodok atas julukan latin leptophryne cruentata (tschudi, 1838) ini dengan cara etimologi, cruentus yang ada maksud berdarah, julukan itu dikasihkan karna idiosinkrasi arketipe corak kulit kodok ini beragam merah serupa darah sehingga gelar lain dari binatang ini ialah kodok darah.

cerita. kodok berdimensi minim serta langsing, ada kelenjar paratoid yang minim sering-kali enggak kelihatan nyata. pucuk jemari tangan serta kaki kira-kira membesar, jemari kaki ke-3 serta ke-5 membangun epidermis hingga ke benjolan subartikuler. kulitnya tertutup oleh bentol berwujud biji kecil-kecil. laki-kaki berumur berdimensi antara 20-30 milimeter serta awewe berumur antara 25-40 milimeter. ada 2 tipe arketipe corak kulit pada kodok ini. arketipe corak pertama ada ciri berupa jam pasir beragam hitam bersama corak merah serta kuning pada komponen punggung. arketipe corak kedua ada totot kuning yang terhambur pada komponen punggung. berudu berdimensi minim beragam hitam.

kediaman, ilmu lingkungan, serta komunitas. kediaman kodok merah kebanyakan perseorangan berumur melimpah sekali ditemui pada sungai-sungai minim dekat air turun, bagus di dalam lubang-lubang berbatu ataupun di sekitaran gerakan air yang lebih lamban. berudu lazim ditemui di bengawan pada komponen air yang mengalir amat lamban serta ditumbuhi vegetasi bawah yang relatif muktamar. komunitas kodok merah ini masa ini amat berkurang tajam ketimbang tahun 1960-an. pemencaran kodok merah bisa ditemui di halaman nasional gunung besar pangrango, jawa barat.

status pelestarian. kodok darah adalah binatang yang amat jarang serta rawan. menurut informasi iucn, genus endemik ini masuk dalam jenis darurat alias critically endangered (iucn) yang bercokol setahap lagi menuju kepunahan. walaupun keadaan binatang ini rawan binasa, binatang ini belum masuk dalam binatang yang dilindungi oleh penguasa.



kategorisasi kodok merah
kingdom: animalia
_filum: chordata
__kelas: amphibia
___ordo: anura
____famili: bufonidae
_____genus: leptophryne
______spesies: leptophryne cruentata

glosarium:
benjolan subartikuler = benjolan yang terletak di bawah jemari tangan serta jemari kaki.
dorso-lateral = dorso/dorsal (belakang), lateral (segi samping), dorso-lateral (segi samping komponen belakang).
kelenjar paratoid = kelenjar toksin yang terletak pada dorso-lateral komponen kepala, diatas tympanum, ditemui pada amfibi yang bersuku bufonidae.
tympanum = jaringan rungu serupa drum kuping.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar